POST

Kesehatan Hewan Ternak Sapi

Kesehatan hewan ternak sapi - Kesehatan ternak adalah satu diantara segi yang perlu diperhatikan dalam manajemen pemeliharaan sapi perah, karena ternak yang sehat mempunyai produktivitas yang maksimal. Usaha perlakuan kesehatan pada ternak mencakup mencegah, pengendalian, penyembuhan serta pemulihan. Manajemen kesehatan memiliki arti utama karena tingkatkan hasil usaha (baik bibit ataupun susu) hingga dengan optimalisasi produktivitas dapat tingkatkan pendapatan serta kesejahteraan peternak. Meskipun sekian faktor kesehatan begitu berkaitan erat dengan manajemen pakan serta pola pemeliharaan. Terjadinya penyakit pada ternak begitu merugikan yang memiliki/peternak, karena menyebabkan penurunan produksi, kurangi peluang berreproduksi, menaikkan medical biaya, kemungkinan kematian ternak, bahkan juga penyakit-penyakit spesifik yang bisa menular pada ternak lain serta manusia. Yang memiliki ternak mesti senantiasa memerhatikan beberapa pergantian yang berlangsung pada sapi yang dipelihara, serta selekasnya melaporkan pada petugas kesehatan hewan paling dekat. Selain itu peternak harus juga memerhatikan kebersihan serta sanitasi, baik ternak, kandang ataupun lingkungannya. Karena kebersihan erat hubungannya dalam usaha mencegah munculnya penyakit pada sapi. Penyediaan pakan, air minum serta kolostrum (pedet) harus juga diperhatikan supaya ternak terpenuhi keperluan nutrisinya. Ada catatan baik data reproduksi ataupun kesehatannya begitu menolong petugas untuk lakukan kontrol serta mendiagnosa jika berlangsung masalah kesehatan pada ternak/grup ternak.

Untuk pencegahan, gerak jalan dibutuhkan untuk sapi minimum 2 x  dalam satu minggu, dikerjakan (1-2) jam di pagi hari. Untuk peternak yang mempunyai padang penggembalaan ternak bisa dilepaskan di padang rumput, sedang apabila tak miliki padang penggembalaan bisa dikerjakan lewat cara yang lain umpamanya dibuatkan tempat exercise di mana ternak bisa dengan bebas jalan. Excercise ini begitu berguna baik untuk anak sapi, sapi laktasi serta sapi bunting. Faedah dari gerak jalan yaitu sapi tetaplah bugar, sehat serta otot jadi kuat, sapi memperoleh cahaya matahari, kuku sapi dapat terpelihara dengan baik. Dengan gerak jalan jadi peredaran darah pada kuku sapi jadi lancar, hingga kualitas dari pada kuku bertambah baik memiliki bentuk ataupun kesehatannya. Membuat lancar saat melahirkan. Untuk sapi-sapi yang digembalakan biasanya sedikit alami kesusahan didalam melahirkan, hal semacam ini dibanding dengan ternak sapi perah yang dikandangkan terus-terusan.

Selanjutnya memotong kuku sapi, kuku sapi adalah sisi badan yang begitu utama, karena dipakai untuk menyokong badannya yang berat, untuk jalan, menjaga diri dari serangan lawan, untuk mencari makan dsb. Jika kuku dalam kondisi sakit, jadi bisa mengganggu gerakan dari pada sapi yang berkaitan. Besar kecilnya masalah tergantung derajat penyakit kukunya. Untuk melindungi supaya kuku tetaplah baik dibutuhkan tatalaksana yang baik diantaranya, ternak serta kandangnya dibikin bersih. Upayakan lantai kandang dalam kondisi kering, pemberian makan serta minum yang baik, digembalakan serta diselenggarakan kontrol kuku dengan cara teratur serta selan jutnya dengan pemotongan kuku.